Colleger · Learner

Skripsweet or skripsh..? :)

I always adore how Allah gives us something what exactly we need and most often what we want too! tidak meleset, sesuai, pas. kalo bumbu ibaratnya pas asinnya, kalo masakan tidak overcook atau undercook. i passed my sidang skripsi on Friday, 20 May, 2016!

sebelum mengerjakan skripsi, atau sebelum meng-click mata kuliah spesial ini, 90% ketakutan menguasai diri ini :( padahal belum dikerjakan sama sekali sudah 90% ketakutannya, mental cemen memang ini diah. awal semester 7 sudah mulai insecure teman2 yang lain sudah pada punya judul, sudah tau apa yang mau diteliti, sudah cicil proposal, bahkan sudah ada yang di bab 3 tapi ini untuk mahasiswa yang mau lulus 3,5 tahun, lebih cepat dari lulus normal biasanya 4 tahun. 

sewaktu masih bulan januari, punya target, pokoknya sebelum masuk kuliah, pembimbing sudah harus dapat, artinyaaaa proposal sudah harus selesai dan di submit. dan alhamdulillah realita kali ini sesuai rencana. bahkan saya kembali ke depok setelah SK pembimbing saya sudah keluar.

mulai dari cari topik sampai semuanya selesai, suffernya luar biasa pemirsahhh, tidak ada habisnya. kebetulan, fakultas saya memang selalu beda sendiri dari fakultas lainnya (sepengamatan saya). mulai dari rulesnya, fakultasnya itu sendiri, fasilitasnya, and many more. BUT.. ini yang buat saya bangga menjadi salah satu mahasiswa yang luckynya tidak ketulungan di fakultas ini, iya, fakultas ekonomi, n4k F3, eh bukan deng, waktu semester 7, nama fakultas sudah ditambahkan dan berubah menjadi fakultas ekonomi dan bisnis, yes, feb.

back to bahasan skripsi. sewaktu selesai bikin proposal yang baru mulai mau menulis latar belakang mashaa Allah lamanya minta ampun, sampai bab 3. setelah proposal selesai, makaaa saya putuskan untuk submit proposal dengan penuh keraguan, karena hal-hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh mahasiswa ui lainnya, tapi mungkin terjadi buat anak fe. pikiran saat itu terserah komentarnya apa yang penting proposal dinyatakan layak dan ada 1 saja yang mau jadi pembimbing, dospem, dosbing, ayah, bunda, teman hidup selama semester 8 (?), you name it lah.

daaan alhamdulillah setelah hampir 1 minggu, ternyata hasilnya sudah ada di account! fyi, fe punya website yang bisa diakses oleh mahasiswa dan dosen untuk menguji kelayakan proposal, dan bersedia atau tidak menjadi dospem, tapi uniknya, mahasiswa tidak boleh menuliskan nama, npm atau identitas lainnya di proposal. dan dosen-dosen lah yang menjadi blind reviewer dari proposal2 mahasiswa. ini salah satu yang buat saya kagum sama fe, entah kenapa, disaat fakultas lain memilih pembimbing atau approach pembimbing, dan lain sebagainya, sementara fe punya cara sendiri yang mungkin terlihat-terdengar sedikit profesional (?) ini perspektif pribadi..

alhamdulillah, proposal dinyatakan layak oleh 2 blind reviewer, dan keduanya bersedia jadi dospem. akhirnya waktu itu langsung pesan tiket kembali ke depok, daaaaan bersiap untuk bertarung demi S.E 2016!

………………….

panjang kali lebar… pengerjaan skripsi pun berjalan… up and down… straight… soooo many struggles… challenges too… oh god, lemme just through this phase…..

estimasi yang dikeluarkan dari department itu kalo jadwal sidang saya tanggal 5 mei 2016, sedangkaan akhir april baru masuk bab 5.. padahal kata dosen riset saya dulu waktu semester 5, the most important thing if we do some research is the conclusion and suggestion for the future research and the company that we used as case study for our research as well. mana pengurusan berkas sidang yang tidak kalah juga ribetnya, minimal waktu konfirmasinya dari department ke biro pendidikan, dll. dan akhirnya surat pengunduran jadwal sidang pun saya buat….. byeee 5 mei, saya tidak jadi sidang skripsi sesuai target, yaitu sebelum saya ulang tahun di 15 mei hehehehhee.

setelah gencar bab 5, punya target baru dan bikin self deadline kalau skripsi harus siap uji sebelum masuk tanggal puluhan, pokoknya semuanya selesai tanggal belasan, jadi paling lambat bisa dapat jadwal sidang sebelum tanggal puluhan.. atau gampangnya bisa sidang sebelum bulan mei berakhir, jadi ada semacam celebrate ulang tahun yang mungkin belum begitu expired untuk dirayakan hahahha..

bolak balik depok – bojong (bogor). bojong itu tempat tinggal dosen pembimbing, jadi kalau ada yang mesti di ttd atau ditanyakan, karna beliau jarang ke kampus, jadilah saya petualang depok – bojong :))

daaan alhamdulillah! akhirnya saya dapat tanggal 20 mei untuk jadwal sidang. antara senang, takut, biasa saja, sante sante saja bercampur aduklah pokoknya. cuman, waktu itu ada ketakutan, hmmm tanggal segitu biasanya ja…until the day is come….

sidangnya mulai jam 9 pagi, tapi waktu itu sudah dikampus jam 7 HAHA. no more ketakutan, no more belajar, mau tidak mau yaa harus sidang hari itu juga, mau tidak mau harus ujian kalo mau lulus, pokoknya sejak dikampus dzikir teruss sampai masuk ke ruang ujian.

pas masuk ke ruang ujian, that room is literally “ruang sidang”, keciiil, meja agak besar cuman 1, kursi 3 buat penguji, dan untuk saya 1…….bismillah, all is well :)

1 jam berlalu, alhamdulillah sudah berikan my best di hadapan penguji2, termasuk tidak mengecewakan pembimbing, pak Karto, in shaa Allah.. waktu itu disuruh keluar sama ketua penguji karna mereka mau mendiskusikan ketentuan kelulusan saya.. waktu diluar ruangan saya hanya dzikir setengah mati, sudah terdengar suara2 teman2 yang menunggu kabar baik di bawah :”)

pas disuruh masuk… penguji seperti kasih pertanyaan2 lumayan menjebak misalnya seperti “ini kan sidang pertama, kamu kalau dapat kesempatan “ujian lagi” kira-kira kalau hasil ujian/sidang kedua lebih bagus daripada skrang gimana? pilih yang mana?” well.. those words.. definitely made my tongue freeze to answer it.. you guys know how to answer it.. tapiii, dengar2 katanya memang rata2 dosen sering bercanda kalo sudah di tahap kasih keputusan, jadii saya anggap tadi itu bercanda hahahaha..

panjang kali lebaaar, alhamdulillah saya dinyatakan lulus sidang skripsi pada hari itu :)))) Allah super duper baikk.. alhamdulillah bisa lega dan tidak ketar-ketir karena bisa sidang di awal2 jd tidak stress karna sidang mendekati deadline, alhamdulillah bisa wisuda tahun 2016, bisa wisuda tepat waktu, all i can say is only Alhamdulillah..

i can’t even describe what i feel that time, just can’t believe i did it, start from i accepted in this university, it sounds like i’m a lucky person ever became a student in this university, luckiest perhaps. i really know myself that i’m neither smart person nor genius person, all this because of big efforts and prays! my campus called “kampus perjuangan”, literally “perjuangan”. from how to become a student until how to become an alumni. until that day, my ujian skripsi, just can’t believe it.. i used to cried most of time in the first year, and i just pray and realised that if people can do it, absolutely i can do it too, and here, i passed it anyway :))

jadiii, selama mengerjakan skripsi, banyak sekali pelajaran-pelajaran yang didapatkan dan bisa dijadikan sbg tips dalam mengerjakan skripsi..

so here my tips, hope these tips can as a booster to do your skripsi :)))

  1. pikirkan topik penelitian yang disukai, krn kalau suka pasti senang juga dikerjakan
  2. konsultasikan topik yang diinginkan dengan orang2 terdekat yang mengerti soal skripsi/penelitian untuk s1, misal keluarga, dosen, asdos, dll
  3. kalau penelitian menggunakan kuesioner, cari topik atau studi kasus yang kira2 respondennya mudah dicari, krn ini biasanya pnghambat untuk lanjutkan ke analisis
  4. cari jurnal yang lengkap, yang ada list kuesionernya paling penting
  5. youtubing atau beli buku tutorial olah data/tanya teman2 atau asisten dosen yang mengerti program pengolahan data, tanyakan betul2 data kita harus dibagaimanakan, jangan sampai salah run data, bisa fatal
  6. kerjakan setiap hari.. se-tiap ha-ri.. satu paragraf bahkan satu kalimat juga tidak apa2 yang jelas ada progress
  7. sering minta pendapat dengan teman2 seperjuangan skripsi.. skripsi memang individu, tapi jgn individualis yaa, supaya skripsi terasa lebih “rame” dan ringan :)
  8. jangan lupa selalu berdo’a, minta apa yang kita mau, spesifikkan, misal ya Allah saya mau dosen pembimbing yang tidak suka marah2, yang lembut.. ya Allah semoga sy bisa ujian sebelum bulan Mei berakhir supaya bisa pulang cepat (do’a pribadi wkwk) apa saja, yang jelas disebutkan secara spesifik.
  9. jangan dipikirkan, tapi dikerjakan (paling penting)

jadi, sebenarnya skripsi itu, skripsweet or skripsh…? you name it lahh :)))

semoga bermanfaat, semangat :))

Sincerely,

 

Mardiah Purnama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s