Learner

As a reminder to myself :)

jadi, cerita ini berawal dari bertanya.. karena hidup ini selalu penuh dengan tanda tanya *sok tau*

waktu itu, kejadiannya saya lupa kalau saya itu sudah sholat isya atau belum. karna ragu, saya mengingat2 lagi saya sudah sholat atau belum. dan ternyata, usaha saya untuk mengingat ternyata tidak berhasil, tidak ada moment yang bisa saya ingat apa saya sudah sholat isya atau belum..

karena takut dan ragu, maka yang saya lakukan adalah googling terlebih dahulu, cari pengalaman orang atau sumber yang bisa dijadikan referensi.. hasil googling rata2 menyatakan kalau saya harus sholat kembali kalau kita ragu atau lupa.. karena masih penasaran, saya chat teman kampus saya yang juga berasal dari Makassar dan bisa dibilang ilmu agama nya lebih dari saya, karena dia adalah ketua forum islam di fakultas dia. namanya Araz. saya tanya apa yang harus saya lakukan.. ternyata Araz slow response yang membuat saya tidak tidur karena masih ragu…

and finally Araz membalas pertanyaan saya yang hanya beberapa kalimat dengan kalimatnya yang berparagraf, sampai dibuat notes sama dia….mungkin bisa sebagai pengingat. jadi, inilah isi chat Araz yang sudah saya terjemahkan kedalam bahasa yang formal karena kami chit chat dengan bahasa Makassar dan disini adalah hanyalah inti dari pertanyaan saya:

“Wkwkwk. Sy itu paling sering jd korban keragu2an hahaha.. Klo ragu mending ulang diah. Bahkan solat berulang kali itu tidak papa. Contoh nya, sholat isya, trus pas slesai, ada org minta tlong ditemani sholat krn mau dpat pahala berjamaah, mubah (boleh) hukumnya :).. 

Atau sholat sunnah muakkad ba’diyah (sholat sunnah stelah sholat wajib) Terus tiba2 ada cewe lain tepuk bahu mu untuk jadi makmum sholat wajib, ya hukumnya boleh lanjutkan sholat mu smpai slesai dan dia jadi makmum mu dan melengkapi rakaat yg kurang. Tp jatuhnya mnjadi imam sholat wajib, dan sholat sunnah mu td batal. Atau contoh langka zaman skrg, klo misalnya sdh sholat tp mrasa “aiih, sholat ku tidak khusyuk, mau sholat yg lebih khusyuk lg deh” Itu juga dibolehkan.. 

Jadi mengulang sholat sbenarnya tidak papa. Tidak ada larangan. Slama tujuannya jelas. Mencari kekhusyuan atau menemani org lain. Lupa itu lumrah skali. Smoga menjawab
Wallohu a’lam bisshowab.”

tiba2 teringat waktu kecil, saya suka mengamuk marah kalau saya ditinggal sholat sama orang rumah, salah satunya mama, jadi biarpun mama sudah sholat, mama mengulangi sholatnya hanya untuk menemani saya.. ternyata itu tidak apa2… cerita ini juga saya ceritakan kepada Araz, dan Araz balas seperti ini:

“Iya diah boleh.. untuk ortu yg punya anak kecil, boleh sholat sambil gendong anak.
Boleh melama2kan sujud untuk jadi mainan kuda2an si anak dsb wkwkwk.. Nabi pernah bgtu, wktu cucu nya hasan ra. dan husein ra. msh balita menaiki punggung nya rasul wkt sujud utk main kuda2an.. Trus bapaknya, Ali ra. mau kasi turun trus ditahan sm rasul.. akhirnya dibiarkan anak2nya main2 di punggung nya rasul, stelah mreka trun baru rasul duduk dr sujud nya”

Masya Allah betul-betul Islam itu sangat dimudahkan.. waaaah betul2 ilmu saya mengenai Islam masih sangat sangat dangkal, saya baru tahu semua ini.. yang tadinya tidak tahu sama sekali, tapi karna bertanya dengan Araz, paling tidak ada ilmu baru mengenai Islam khususnya sholat..

dengan kejadian ini, membuat saya berpikir alangkah baiknya kalo tidak menunda sholat dan berusaha untuk khusyuk. saya yakin, saya lupa itu karna whether saya tidak khusyuk or memang saya belum sholat. ah yasudahlah. yang paling penting adalah bertanya. bertanya. bertanya. itu yang paling penting.. dengan bertanya, akan terjawab pertanyaan yang kita maksud (yaiyalah), oh mungkin akan mendapatkan jawaban yang lebih banyak dari yang kita harapkan.

well tulisan ini hanyalah sebagai pembelajaran untuk saya sendiri, dan untuk siapapun yang mungkin membacanya, semoga bermanfaat :)

 

Warm regards,

 

Mardiah Purnama 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s