Learner · Lover

My truly Superman

IMG_0330

before the day is over, today, yes today is his birthday yang ke 59 tahun. 

sangat-sangat bersyukur sampai hari ini papa masih sehat-sehat selalu dan diberi umur panjang oleh Allah SWT. dan sebenarnya hanya itu harapan utama saya, papa dan mama selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang.

tiba-tiba rindu skali dengan papa. tiba-tiba teringat nasihat2 papa, trus kalau dinasihati pasti ada quote2 khusus dari dia, ingat sekali dulu waktu masih sd sering sekali diajar kalau ada pr, bahkan sampai sekarang, kalau ada tugas kuliah, telfon papa dan akhirnya diskusi.

kalau dirumah, rasanya sepi kalau papa tidak ada dirumah, misalnya kalau lagi keluar kota dinas kerja, rasanya sepii sekali. karna papa itu salah satu anggota keluarga yang bisa dikatakan pelawak, walaupun kadang garing…. but thats totally fine, dad. we appreciate it hahaha

papa orangnya sangat sangat disiplin, tegas, tapi sebenarnya papa itu orangnya sangat perasa bahkan dia cepat terharu dan nangis. misalnya kalau ada masalah yang papa alami, trus dia cerita ke saya, bahkan dia bisa sambil nangis ceritanya, dan akhirnya saya ikut nangis.. terkadang papa juga sambil menasehati saya sampai dia nangis, aduuh pokoknya papa itu orangnya cepat terharu.. tapi papa itu pintar sembunyikan sedih kalau memang masalahnya itu tidak boleh/tidak harus diketahui sama orang lain.

karena papa orangnya tegas, jadi dia betul2 konsisten dengan sikapnya itu. misalnya kalau kita doing well, dia tidak akan segan2 memuji kita sampai kepala sebesar apapun, makanya kalau ada anak teman papa yang misalnya prestasi ini, itu, lulus disini, betul2 dipuji di depan anak2nya mungkin sebagai motivasi buat kita, tapi memang begitulah papa, memujinya bisa sampai keterlaluan. tapi kalau kita doing something wrong even itu kesalahan sekecil apapun, papa pasti marah, kecewa, dsb.

dulu, ingat sekali waktu dapat pengumuman lulus snmptn, saya teriak bahagia, mama dan papa langsung peluk sambil mereka menangis terharu. sudah, awal2nya di puji dulu, dikasih semangat yang luar biasa, terus habis itu baru deh, keluar deh nasihat2 papa yang luar biasa ampuhnya (maklum, mau merantau di kota orang).

ada kata-kata papa yang selalu papa bilang, dan dibilang lagi waktu saya sudah mau pergi merantau untuk kuliah: “pendidikan memang penting, mendidik anak untuk jadi anak yang cerdas penting sekali. papa senang kalau anak2nya belajar bahkan sampai jauh dari orang tua, tapi hal yang paling penting sebelum itu, bagaimana menjadi orang yang peka”. 

kata peka. Peka. kata-kata itu memang selalu dibilang papa, bahkan sangat2 sering. papa sangat senang dan suka dengan orang yang peka. peka sama apapun itu. sama orang, lingkungan sekitar, everything. bahkan papa akan lebih respect sama orang peka daripada orang pintar mahadewa sekalipun. makanya papa selalu menasihati untuk utamakan peka, utamakan peka. jadi orang itu harus selalu peka. pasti itu, sangat sering papa bilang itu.

satu kata-kata lagi yang bikin saya semangat dan yang paling saya ingat dari papa itu adalah: “jangan cepat puas nak lulus di kampus yang diinginkan, ini baru awal dari segalanya, kamu pasti bisa, belajar, doa yang banyak”. papa memang paling handal kalo soal menyemangati. pokoknya banyak sekaaaaali kata-kata, quotes2 papa yang ampuh dan buat hati tersentak “ih iya juga” “ih benar juga” “ih, astaga”.

omong-omong tentang menyemangati, papa ada satu gaya dan satu kata yang paling ampuh kalo lagi lelah, lesuh, banyak masalah, sakit, dll yang buat hidup ini tidak berarti lagi…astagfirullah lebay :(.. yaitu kepalkan tangan, dan bilang dengan penuh semangat “yes!”. hanya itu. iya, hanya itu. tapi efeknya luar biasa. jadi kalo orang rumah lagi sakit, ada masalah dll, pasti papa bilang “coba yes dulu”… hiks miss you, pa.

i miss you so much papa, i’m sorry i can’t be there today, but i’m here in “kamar kosan” exactly doing my skripsi, and to make you proud and happy to have me as a daughter. how lucky i am to have you in my life as my dad, papa. thank you so much papa, may Allah always protect you, Aamiin.

 

With love,

 

Anak bungsu dari pak Iqbal yang berumur 59 tahun hari ini. 16.03.2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s