Colleger · Learner

One by one has passed

short escape untuk menulis ini dari tugas csr (corporate social responsibility) yang mungkin menjadi salah satu dari 2 assignments yang undone sebelum final exam. yeay!

tidak terasa akhirnya satu per satu tugas-tugas yang luar biasa banyaknya telah terselesaikan. hmm mungkin (tidak) terasa kali ya lebih tepatnya. karena mau dibilang tidak terasa sih iya karena waktunya memang terasa cepat, tapi kalo “rasa” nya melewati itu semua sih, terasaaa lah hehehe

alhamdulillah.. berbagai macam usaha, 5L which is lelah lemah letih lunglai lesuh, tidur cukup menjadi hal yang tabuh, bahkan pernah tidur jam 5 subuh, untungnya hari itu libur jadi bisa bobo siang.. tapi kalau tidur  jam 3 subuh trus paginya kuliah jam 8, sudah biasaaa laaah~ *songong*

kalau nanya2 senior dulu, katanya semester 6 fase yang paling capeeek, tapi menurut saya, overall dari semester 1-7 ini, yang paling capek itu adalaaaaah semester 1 dan 7…….awal dan akhir mengikuti perkuliahan sebelum skripsi. iya, sebelum skripsi. skripsi.

kenapa semester 1? karena disitu saya merasa baru beradaptasi dengan dunia perkuliahan yang sangat2 beda dengan waktu sekolah dulu. yang selalu disuap dan diatur sedemikian rupa. apalagi dikampus kuning yang saya masuki ini, orang-orangnya sangat sangat kompetitif, jadi kalau kita tidak gencar belajarnya pasti ketinggalan. tidak cuman itu, waktu maba juga masih ada masa-masa ospek yang tugas-tugasnya juga tidak kalah hebatnya sama tugas kuliah. katanya, tugas-tugas ospek yang diberikan waktu maba, menggambarkan dunia perkuliahan di kampus saya ini. jadi nantinya tidak kaget. *ceritanya* *padahal memang* tapi btw, tiap semester memang akan-selalu-kaget dengan tugas-tugasnya yang berbagai macam rupa bentuknya hahahaha

capeeeek sekali waktu maba, tugas ospek numpuk, tugas kuliah juga, giliran presentasi juga hampir semua mata kuliah, wooaah kepala rasanya mau pecaaah. waktu jaman2 ospek ingat waktu mama datang kunjungi didepok dan nginap dikosan. saking pusingnya mau kerjakan yang mana duluan, mama yang kerjakan essay personal statement hahaha untung anak-anaknya sangat sangat dekat dengan mama dan papa, jadiii mereka sangat tauuuu luar dalam anak-anaknya..

yang bikin lelahnya dan sedihnya lagi adalah waktu itu bulan ramadhan, sedih karena tidak bisa ada di makassar bulan ramadhan, sedih karena yang seharusnya bulan itu mengumpulkan banyak2 pahala malahan tidak maksimal, sedih karena buka puasa sendiri dikamar sementara orang-orang dirumah buka bersama.. waktu itu update status ditwitter (masih-jaman-semuanya-diupdate-ditwitter) “pertama kalinya buka puasa sendiri.. dikamar pula hiks” eh tiba2 seniior SMA yang juga dikampus yang sama retweet dan bilang kalau tidak selamanya kita sama-sama terus dengan keluarga. hmm, menyentak hati sih, iya juga sih, benar juga sih, tapi tetep sedih sih…

sepertinya benar, tidak selamanya kita harus sama-sama dengan keluarga, ada saatnya kita harus mengejar tujuan apa yang ingin dicapai, dan itu semua untuk keluarga semata, buat mereka bahagia, dan saya salah satunya, karena pada ujungnya kita hanya pergi untuk kembali :) #se2016 :)))

semester-semester sebelum semester 7 memang capek juga dan sangat-sangat melelahkan, tapi mungkin karena dulu sudah terbiasa, banyak kesibukan organisasi, jadi yaaa sedikit-tidak-terasa mungkin ya, kalau sekarang entah kenapa kerja tugas ini itu terasa capek dan berat sekaliii, apa karena tidak ada kesibukan lain selain kuliah? (maklum, mahasiswa tingkat akhir sudah tidak sibuk organisasi/kepanitiaan) jadi hanya tugas, tugas, dan tugas saja yang dipikirkan? jadinya titik beratnya cuman ditugas? *sok tau*

mungkin hanya saya saja yang rasa kalau semester ini yang paling capek, walaupun mata kuliahnya yang super duper seruuuu, tidak bohong! terkadang saya merasa senang dan bersyukur kuliah dikampus saya ini, mungkin dikampus-kampus lain walaupun jurusan dan peminatan yang sama, tugas-tugasnya tidak sama dengan apa yang diberikan dikampus (mungkin), karena walaupun berat, capek, susah, demanding, detail, etc, tapi akan sangat-sangat worth it nantinyaaa. disini, menurut saya, kita betul-betul dituntut untuk terus kreatif and think like there is no box. project class nya yang memang terlihat seru tapi prosesnya yang subhanallah, walhamdulillah, wallahuakbar (?)

dengan tugas-tugas yang diberikan sejak semester 1-7 itu, yang tidak biasa itu, yang luar biasa itu, pastinya akan sangat bermanfaat buat mahasiswanya ketika sudah lulus nanti, tidak hanya dikampus saya, diseluruh kampus juga pasti akan seperti itu.. terlebih didunia kerja yang serba menuntut kreativitas dan apalagi sekarang dunia kerja sangat kompetitif, makanya kita harus punya nilai lebih kalau ingin bertahan. setiap orang pasti punya nilai lebih yang belum tentu dimiliki orang lain, tapi apakah orang itu bisa menunjukkan nilai lebihnya in a good time/situation? in shaa Allah segala ilmu yang didapatkan bisa diamalkan dan diimplikasikan nantinya :)

dari semester 1-7 ini, setiap semester akan ada fase dimana saya mengeluh karena lelaaah dan fase dimana ingin-nikah-saja. pasti. tapi bagaimana pintar-pintarnya untuk mengatur waktu untuk belajar, untuk kerja tugas, untuk diskusi kelompok, project kelompok, jalan-jalan sama teman, main, nonton, belanja, leha-leha, etc. awal-awal semester masih sangat susah atur waktu itu supaya semuanya bisa diikuti dan tidak ada yang dikorbankan. tapi seiring berjalannya waktu, ternyata tanpa saya sadari sekalipun, setiap setelah final exam baru merasa “oh ternyata bisa juga saya lewati semester ini”. hampir setiap semester pasti membatin seperti itu.

setiap hasil setelah berusaha untuk setiap semesternya, tidak selalu akan sesuai dengan apa yang kita harapkan. yap, yang penting sudah berusaha, dapat ilmunya juga, hasilnya mau bagus, standar ataupun tidak yasudahlah mungkin kemarin masih belum maksimal (berusaha menyemangati diri sendiri). kalau mba Merry Riana bilang: i might not be the smartest, not the strongest, but might be i am the most persistence. hmm mungkin iya saya seperti mba Merry Riana ini, selalu berusaha tekun, ya walaupun terkadang merasa aduh pasti tidak akan selesai ini, atau aduh tidak tau bagaimana caranya, etc tapi entah apapun itu hasilnya berbagai cara saya lakukan bagaimana ini teratasi masalahnya tanpa masalah (?) well, bukan pegadaian :))

banyak sekali pengalaman-pengalaman berharga dari awal masuk kuliah sampai sekarang yang sudah mau selesai ini.kalau mau diceritakan disini mungkin tidak cukup, saking banyaknya lika liku, suka duka yang tidak bisa diceritakan disini, mungkin satu hari satu malam saja tidak cukup :’)

time to focus to finish all assignments and study hard before a busy week ahead. say hello and fighting to my final exam.

buuut i’m cominggg holiday, Makassar, papa-mama-kakak2-ponakan kesayangan-dedek bayi baru ku (my new beautiful niece), welcome skripsi, and welcome my perfect future:’) S.E 2016! really really sooooonnnn!! bismillah :)))

 

Sincerely,

 

Mardiah Purnama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s