Learner · Traveler

Quite City

Canberra itu kota yang sepi, tenang, adem, dan cocok buat para orang tua maupun anak muda yang suka ketenangan, soalnya sepiiii sekali, susah dapat orang buat tempat bertanya jalan (pengalaman pribadi), kalau direstoran sepi sekali, serasa restoran itu milik sendiri hehehe

tidak begitu banyak cerita di kota ini, karena cuman 1 hari di Canberra, tapi tantangannya luar biasa dibandingkan kota-kota Australia lainnya. pertama, disana bus nya jarang lewat, waktu kedatangan setiap bus nya lamaaa sekaliii jadi kalau ketinggalan bus yasudah siap2 tunggu dalam waktu yang lama, mungkin bisa 1 jam… kedua, orang2 disana sepi sekaali susah kalau mau bertanyaa, ketiga, penginapan disana tergolong mahal, mungkin karena kurang ny turis atau malah karena pebisnis yang banyak datang kesana..

tapi, ada satu cerita… jadi, waktu itu ceritanya mau ke parliament house, karena bingung naik bus apa dan naik dimana bahkan turun dimana, cari diinternet juga bingung… akhirnya tiba2 ada cowok yang nabrak tidak sengaja trus minta maaf.. eeh langsung kepikiran mending tanya dia, akhirnya bertanya deh (finally, dapat orang hehe)

setelah kenalan, namanya Vahid, dia berasal dari Iran dan ada keperluan kerja di Canberra. dia kasih tau kalau mau naik bus, mending beli tiket yang one day jadi berlakunya sampai midnight, seharga $8 daripada beli sekali naik sekitar $4. mahal yaaa :’)

ternyata, dengan google maps semuanya jadi serba mudah, superrr mudah. karena sudah dikasih juga nomor2 bus nya kita harus naik yang mana. baru tauu kalau bisa begini, soalnya kalau pake gmaps di indo kayaknya tidak seperti ini.. Vahid meminta nomor saya buat make sure saja kalau saya nanti sudah sampai ditujuan. akhirnya kita berpisah, thank you Vahid!

diperjalanan ke parliement house, di dalam bus orangnya bisa dihitung jari, waktu itu kalau tidak salah ingat saya cuman bertiga krik krik…. iseng2 buka gmaps biar bisa liat kalau sudah mau sampe, ehhh saya kelewatan, bahkan lewatnya itu paraaaaaah karena sampe sudah masuk ke suburb nya yang jauh dari city. bus nya juga tidak berhenti karena belum ada halte lagi.. walaaaah bejimanaaa? :(

setelah berhenti, saya turun dari bus. pas turun, dalam hati membatin, yaa ampuuun ini dimanaaa, sepi sekali, cuman ada mobil2 yang lewat.. untungnya, ada ibu2 yang lagi jalan kaki, mencoba bertanya sekalian curhat sama dia karena hilang wkwk, trus dia bilang “don’t worry sweetie, just waiting for the bus to city, but wait, heey! *melambaikan tangan*” woaaah ternyata ada bus lewat dan dia panggilkan untuk saya, dia bilang kamu bisa naik bus ini, baik sekaliiiii, terima kasiiiiihhh!:)

naah kali ini, saya tidak tersesat lagi, tapi masih agak jauh dari parliament house, jadi mesti jalan kaki lagiii.. tiba2 Vahid menelfon menanyakan apa saya sudah sampai atau belum, eh dia malah ketawa dengar cerita saya tadi, trus dia bilang “send me your location now” jadi saya kirimkan lewat whatsapp, dia bilang “i’ll be there about 10 mins” ternyata dia mau susul saya kesini..

setelah ketemu Vahid, dia mengantar saya ke parliament house dan seperti tour guide disana hahaha, dan sebagai tukang foto juga… ini dia hasil jepret nya:

IMG_8554

setelah kita selesai, akhirnya kita berpisah karena parliament house nya juga sudah hampir tutup. pas saya perjalanan kembali ke penginapan, Vahid mengirimkan pesan whatsapp dia minta maaf, intinya: “feel guilty a bit, sorry i rush you, i think you wanted spend more time at parliament house, good luck for your assignment” superduper baiiik, sudah dibantu, malah dia yang minta maaf, luar biasa yahh rencana Allah selalu mempertemukan saya dengan orang yang superduper baik, selalu dilindungi sama Allah, Allah baiiiik sekaaalii :”)

besoknya, sebelum balik lagi ke Sydney untuk berangkat ke destinasi selanjutnya, saya juga sempat ke Questacon, national science dan technology centre, seperti taman pintar kalo di indo, hebatnya, saya bisa masuk dengan gratis, padahal kalo tidak free saya harus bayar sekitar $45 mungkin kalau saya tidak salah ingat.. yap, saya dapat tiket gratis dari orang indo juga yang saya temui di harbour bridge sewaktu di Sydney, namanya kak lala, baik sekaliiii dia kasih saya tiket gratis untuk masuk Questacon, katanya dari om nya yang memang sudah jadi citizen Canberra. rezeki tidak kemana ya heheh :)

IMG_8662

syukur juga sempat mampir di old parliament house, here it is…

ke national art juga, yang banyaaaak skali lukisan yang harga nya luarrrrr biasaaaa hahahaha

and, these place adalah last destination di Canberra, cukup terhibur dengan kota yang sepi ini hehehe see you again Canberra! :)

next post, soon -> Melbourne!

 

Sincerely,

 

Mardiah Purnama

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s